BANYUMAS – Pekon Sriwungu, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung mencanangkan diri menjadi Desa Wisata. Pencanangan  sebagai Desa Wisata, juga mendapat sambutan serta dukungan luas dari seluruh warga berikut perangkat dan Badan Hippun Pemekonan atau Badan Perwakilan Desa setempat.

Untuk mendukung sebagai Desa Wisata, Pekon Sriwungu pun membangun sarana pariwisata desa di wilayah Dusun I dengan menggunakan Dana Desa.

Menurut Kepala Pekon Sriwungu Subur Ginanjar, program menjadikan wilayahnya sebagai Desa Wisata, adalah dalam rangka meningkatkan perekonomian warganya. Terlebih, desa yang dipimpinnya tersebut mempunyai potensi itu.

Pekon Sriwungu, kata Subur, seusai menerima kunjungan Wakil Bupati Pringsewu di pekon setempat, Ahad (2/8/20), selama ini menggantungkan diri dari sektor pertanian dan perkebunan, diantaranya adalah kelapa sawit, kakao dan pisang.

Subur juga mencontohkan keberadaan Taman Jomblo, sebagai salah satu sarana pariwisata di desanya selama ini yang sedikit banyak telah turut menggerakkan roda perekonomian warganya.

Oleh karena itu, sejumlah sarana penunjang lain, juga tak luput dari perhatiannya untuk mewujudkan program Desa Wisata, diantaranya pembangunan Taman Tirta Asri di Dusun I Pekon Sriwungu. Beberapa item yang saat ini tengah dibangun diantaranya kolam renang, gazebo, saung, kolam pancing, dan lainnya. Ia berharap keberadaan Taman Tirta Asri nantinya, selain dapat melengkapi sarana pariwisata desanya, juga akan menambah penghasilan bagi warganya, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja sekaligus mengurangi angka pengangguran, disamping sebagai upaya untuk mewujudkan Desa Wisata. (*/ Prokopim Kabupaten Pringsewu / ∆nton Hapsa®a)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *