PRINGSEWU – Pemerintah Kabupaten Pringsewu menyelenggarakan balap traktor dalam rangka menyongsong musim tanam rendeng, Kamis 02 November 2017 di areal sawah Pekon Bulokkarto, Kecamatan Gadingrejo.

Kegiatan yang dileading sektori Dinas Pertanian Pringsewu ini diramaikan dengan hadiah menarik bagi peserta.

Kepala Dinas Pertanian Pringsewu Iskandar Muda mengatakan, balap traktor ini diikuti perwakilan dari masing-masing kecamatan, dua peserta. Sehingga totalnya peserta dengan Sembilan Kecamatan sebanyak 18 peserta.

Lomba yang dibuka langsung oleh Bupati Pringsewu Sujadi ini, menurut Iskandar dalam rangka percepatan tanam.

“Biasanya petani di Pringsewu tanam rendeng mulai Desember-Januari, diharapkan sekarang ini tutup tanam mulai November,” ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan ini dalam rangka merangsang petani supaya tidak malas melakukan percepatan tanam. Mengingat alat mesin pertanian, seperti traktor sudah diberikan. Sehingga, tambah Iskandar, pihaknya mencari inovasi dengan cara mengadakan lomba balap traktor untuk memotivasi petani.

Balap traktor inipun dilombakan dengan membajak sawah yang terbagi dalam petak-petak dengan ukuran sama. Penilaian tidak hanya untuk yang tercepat, melainkan juga pada hasil serta kondisi mesin trakror. (disporparpringsewu)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *